Distan Usul Rp 12 Miliar untuk Program SAKTI

0
4
RAPAT: Komisi II DPRD BS rapat bersama Dinas Pertanian BS membahas rencana program tahun 2021, Selasa (13/10)

Minta Anggaran Berantas Hama Diprioritaskan

KOTA MANNA – Dalam rapat pembahasan program usulan di RAPBD 2021 bersama Komisi II DPRD BS, kemarin (13/10). Dinas Pertanian (Distan) menyampaikan beberapa usulan. Salah satunya program Satu Keluargaa Satu Sapi (SAKTI) yang anggarannya mencapai Rp 12 miliar.

“Dalam perencanaan program yang diusulkan Dinas Pertanian tadi (kemarin), salah satunya program SAKTI, kebutuhan anggarannya Rp 12 miliar,” kata Ketua Komisi II DPRD BS, Dodi Martian, S.Hut. MM.

Dari usulan anggaran Rp 12 miliar tersebut mencakup beberapa kebutuhan, diantaranya pengadaan indukan sapi, asuransi sapi, biaya inseminasi buatan dan biaya pendukung lainnya. “Usulan yang disampaikan Dinas Pertanian akan dibahas lagi pada proses pembahasan anggaran ditahap selanjutnya,” ujar Dodi.

Selain program SAKTI, Distan juga mengusulkan anggaran untuk pemberantasan hama. Diantaranya pengadaan pestisida untuk racun hama padi dan tanaman lainnya, serta pemberantasan hama babi yang banyak dikeluhkan petani. Dalam usulan tersebut, Distan meminta anggaran minimal seribu moncong babi. Satu moncong babi dihargai Rp 100 ribu. “Kami meminta anggota dewan yang terhormat memprioritaskan anggaran untuk pemberantasan hama,” kata Kabid Tanaman Pangan Distan BS, Ikat Aliman.

Usulan penanganan hama yang disampai Distan disambut baik Anggota Komisi II. Sebab penanganan hama memang diperlukan. Apalagi serang hama tidak bisa diprediksi, sehingga dapat terjadi kapan saja.

“Pertanian adalah salah satu sektor andalan di daerah kita. Perhatian lebih memang perlu diperhatikan untuk sektor ini, misalnya pengendalian hama. Pemerintah harus hadir jika komoditi tanaman masyarakat terserang hama,” ujar Dodi. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here