Distan Siapkan Bibit Padi Tahan Cuaca Ekstrem

0
21

BENGKULU – Musim kemarau yang melanda Provinsi Bengkulu berdampak pada areal persawahan yang mengalami kekeringan. Untuk itu, pemerintah akan memberikan bantuan benih padi lahan kering yang tahan cuaca ekstrem kepada petani. Benih padi yang dimaksud adalah jenis ciherang yang memiliki ketahanan terhadap beberapa hama dan penyakit.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Sri Herlin Depsita, S.Pt mengatakan, bantuan ini diberikan kepada petani pada masa tanam di 10 Kabupaten/Kota. “Tingkat produksi padi ciherang ini sangat bagus, yakni 4,6 ton perhektar,” kata Herlin.

Menurutnya, saat ini tantangan perubahan iklim sangat nyata seperti pada musim kering, kekeringan melanda dan begitu jua sangat musim hujan, air melimpah. Dengan kondisi seperti ini, maka perlu ada upaya untuk menghasilkan benih yang bisa bertahan dan tumbuh baik di tengah cuaca seperti itu.”Benih harus tahan air maupun kemarau. Sehingga pada saat musim kemarau, produksinya tidak menurun,” katanya.

Guna mengatasi kekeringan yang melanda areal persawahan, pemerintah melalui dana APBN telah menyalurkan bantuan pompa air kepada kelompok tani. Bantuan ini disalurkan melalui Dinas Pertanian masing-masing Kabupaten. “Bantuan ini disalurkan bagi sawah tadah hujan. Karena sebagian besar yang terdampak adalah lahan kering,” tutup Herlin. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here