Diduga Potong Upah dan Mark Up Harga DD Bandar Agung Dilaporkan

0
90
LAPORKAN : Belasan warga Desa Bandar Agung Ulu Manna melaporkan dugaan korupsi dana desa tahun 2019 ke Kejari BS, Kamis (22/10)

KOTA MANNA – Belasan warga Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Desa Bandar Agung (FPMBA), kemarin (22/10) mendatangi kantor Kejari BS. Tujuan kedatangan mereka adalah untuk melaporkan dugaan korupsi atau penyelewengan dana desa (DD) Bandar Agung tahun anggaran 2019.

“Kami melaporkan kepala desa dan Ketua TP PKK tahun 2019 terkait dugaan korupsi dana desa di desa kami (Bandar Agung),” kata Adiar Lufti, salah seorang perwakilan warga. Dalam laporan tersebut, ada beberapa item realisasi anggaran yang terindikasi penyimpangan dengan modus markup.

Diantaranya pembelian 1.540 sak semen di dalam RAB dianggarkan sebesar Rp75 ribu per sak. Padahal dari penelusuran warga di toko, harga semen per sak paling tinggi Rp60 ribu. Lalu, pembayaran upah pekerja juga dicurigai ada permainan. Sebab pihak pemerintah desa mengubah sistem pembayaran upah pekerja.

Hal itupun menimbulkan selisih jumlah dari total anggaran untuk upah yang sudah dianggarkan sejak awal. Kebijakan itu pun warga curigai merugikan keuangan negara. Dalam laporan tersebut, warga menduga jumlah DD yang dikorupsi oleh pemerintah desa setempat pada tahun 2019 mencapai Rp 109.522.450 yang berasal dari empat item kegiatan.

Warga pun berharap pihak Kejaksaan dapat mengusut dugaan penyimpangan dana desa yang disebut merugikan keuangan negara itu. “Kami berharap laporan kami ini bisa diusut sampai tuntas berdasarkan aturan hukum yang berlaku,” sambung Adiar.

Kasi Intel Kejari BS, M. Ichsan, MH membenarkan, pihaknya telah menerima laporan warga Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna. Selanjutnya laporan yang disampaikan akan dipelajari dan ditelaah untuk ditentukan proses selanjutnya. “Laporannya sudah masuk, itu akan ditelaah dulu, baru nanti ditentukan prosesnya seperti apa,” demikian Kasi Intel. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here