Dewan Minta Pilkades Tak Ditunda

0
331

KOTA MANNA – Anggota DPRD BS, Dodi Martian, S.Hut MM meminta, pemilihan kepala desa (pilkades) di 74 desa yang direncanakan akan dilaksanakan bulan Oktober ini tidak ditunda. Sebab jika pelaksanaannya ditunda, maka hal itu dapat merugikan daerah dan para calon kepala desa (cakades).

“Pilkades harus dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan, jangan ditunda lagi,” kata Dodi.

Terkait kendala anggaran, Dodi menilai hal itu bukan alasan yang tepat untuk menunda pilkades. Karena di APBD Perubahan tahun ini sudah dianggarkan untuk kebutuhan pilkades. Sehingga hal itu dinilainya cukup untuk proses tahapan pilkades.

“Kalaupun anggaran yang tersedia masih kurang, dana pilkades bisa diambil dari sumber lain, seperti dari sumbangan pihak ketiga ataupun dari calon kades itu sendiri,” ujar Dodi.

Ditegaskan Dodi, pelaksanaan pilkades sudah urgen untuk digelar. Pasalnya sudah sangat banyak jabatan kepala desa yang dijabat penjabat dari ASN. Hal itu dikhawatirkan berpengaruh negatif terhadap sistem pemerintahan. Karena kinerja yang dilakukan penjabat kades tidak maksimal, serta kebijakan penjabat kades juga terbatas dibanding kades definitif.

“Kalau pilkades ditunda lagi, artinya semakin banyak Pjs Kades. Tentu hal itu tidak baik dalam roda pemerintahan desa ataupun pemda,” ujarnya.

Dodi curiga, jika pelaksanaan pilkades sengaja ditunda dengan alasan tidak ada anggaran. Sehingga Pjs kade semakin banyak. Dalam proses penunjukan Pjs kades inilah dicurigai ada kepentingan, salah satunya untuk menyusun kekuatan menghadapi pilkada tahun depan. “Jangan sampai semuanya diakal-akali dan diperalat untuk kepentingan politik,” tutup Dodi. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here