Debat Paslon 16 & 24 November

0
34

KOTA MANNA – Debat publik atau debat terbuka pasangan calon di Pilkada Bengkulu Selatan (BS) dirancang dua kali digelar. Pertama, dilaksanalan pada 16 November dan debat kedua pada 24 November. Hanya saja, KPU BS belum memutuskan dimana lokasi debat publik tersebut akan dilaksanakan.

“Rencananya dua kali. Tapi belum tahu lokasinya. Semuanya masih akan dibahas bersama. Termasuk siapa punyusun materi debat hingga moderatornya,” ujar Komisioner KPU BS, Asprian Toni SE. Pelaksanaan debat ini kata Asprian Toni mengacu pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dan Keputusan KPU Nomor 465.

Dimana, poin pertama dan penting dilaksanakan yakni debat harus atau wajib mematuhi protokol kesehatan. Tujuan debat tak lain untuk menyebarluaskan profil, visi, dan misi, serta program kerja para paslon kepada pemilih dan masyarakat. Kemudian memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya, dan menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka.

Menurut Keputusan 465, tim penyusun materi debat publik ditunjuk oleh KPU BS. Tim penyusun materi terdiri atas pakar yang ahli di bidangnya, baik dari kalangan profesional, akademisi, maupun tokoh masyarakat. Tim penyusun materi yang ditunjuk harus memenuhi kualifikasi.

Yaitu mempunyai integritas, jujur, simpatik, dan kapasitas sesuai bidangnya dan bersikap netral, tidak memihak, dan tidak mempunyai hubungan dengan parpol atau gabungan parpol, pasangan, dan/atau tim kampanye.

“Termasuk moderator. Nantinya akan ditunjuk oleh KPU. Moderator ini juga ada syarat diantaranya mempunyai integritas, jujur, simpatik, dan kapasitas sesuai bidangnya, bersikap netral, tidak memihak, dan tidak mempunyai hubungan dengan parpol atau gabungan parpol, paslon, dan/atau tim kampanye, serta mempunyai kemampuan tampil dan berbicara di muka public,” sebut Asprian Toni. (and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here