Calon Perseorangan Diprediksi Minim

0
61

BENGKULU – Partisipasi calon perseorangan pada Pilkada serentak 2020 mendatang diperkirakan tidak terlalu ramai. Hal ini disebabkan makin beratnya persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon. Pengamat politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Azhar Marwan, M.Si mengatakan, pada Pilkada Gubernur Bengkulu, untuk kandidat Paslon melalui jalur perseorangan atau independen diprediksi hanya satu pasang saja.

“Untuk jalur perseorangan atau independen diprediksi hanya satu pasang dan jalur parpol sekitar tiga pasang,” kata Azhar Marwan. Menurutnya, saat ini sudah berkembang wacana dari sejumlah tokoh masyarakat yang ingin maju melalui jalur perseorangan.

Keseriusan itu ditunjukan dengan mulai mengumpulkan dukungan KTP elektronik. Dengan waktu yang cukup panjang, menurut Azhar, para calon berpeluang besar dapat mengumpulkan KTP sesuai dengan aturan KPU. “Waktunya kan masih cukup panjang. Sejumlah calon sudah mulai mengumpulkan dukungan dari masyarakat,” ujar Azhar.

Sementara itu, terkait jalur parpol yang diprediksi sebanyak 3 pasang, Azhar mengatakan,hal itu dilihat dari jumlah kursi yang ada di DPRD Provinsi. Dengan 45 anggota dewan, masing-masing Paslon membutuhkan 9 kursi agar dapat maju pada Pilgub. “Dari jumlah anggota dewan itu diprediksi ada 3 Paslon yang bakal maju,” kata Azhar Marwan.

Seperti diketahui, sejumlah nama yang muncul dan siap maju melalui jalur perseorangan seperti David Suardi yang pernah mencalonkan diri pada Pemilihan Wali Kota Bengkulu. Sedangkan utnuk jalur Parpol seperti Rohidin Mersyah, Agusrin M Najamuddin, Helmi Hasan, Dadang Mishal dan sejumlah nama lainnya. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here