BST Kelurahan Tak Dianggarkan Lagi

0
283
SERAHKAN: Wabup, Rifai Tajuddin, menyerahkan BST kepada warga Kelurahan Kampung Baru Kota Manna beberapa waktu lalu (WAWAN/Rasel)

KOTA MANNA – Dinas Sosial Bengkulu Selatan (BS) tidak dapat memastikan apakah Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19, akan disalurkan kembali atau tidak. Namun, anggaran BST untuk warga yang tinggal di kelurahan tersebut tidak diakomodir di APBD BS 2021.

Ini disampaikan Plt Kadinsos BS Didi Ruslan M.Si kepada Rasel, Rabu (5/1). “Kami belum tahu ada atau tidak BST kelurahan itu, yang jelas setahu saya tidak dianggarkan di APBD. Tapi lihat nanti kebijakan Pemkab seperti apa,” ungkap Didi.

Dikatakan Didi, dari Rp 10,8 miliar anggaran yang disiapkan untuk BST kelurahan tahun 2020 lalu. Hanya 5302 warga yang tercatat mengambil bantuan sebesar Rp 300 ribu selama 6 bulan tersebut. Atau terealisasi sebesar Rp 9,5 miliar lebih. Artinya ada 500an warga yang tidak mengambil BST tersebut. “Sisanya ada Rp 1 miliar lebih kembali ke kas daerah. Nama-namanya sudah diumumkan jauh-jauh hari,” ungkap Didi.

Berbeda dengan masyarakat yang menerima BST dari Kemensos RI, yang rencananya tahun ini akan kembali diperpanjang. Dikatakannya, ada sebanyak 5556 warga yang mendapatkan BST dari Kemensos sebesar Rp 300 ribu per bulan tersebut. “Kalau yang dapat dari pusat, yang penyalurannya lewat kantor pos. Rencananya kemarin masih diperpanjang, bahkan sudah mulai proses penyaluran. Tapi data penerimanya ada yang diverifikasi ulang kembali,” ungkapnya. (yip)