BKD Tunggu Intruksi BKN, Bila Peserta SKB Positif Covid Ikut Tes

0
239

BENGKULU – Sebanyak 69 peserta dari total 79 peserta yang dinyatakan lulus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pemerintah Provinsi Bengkulu telah memilih melaksanakan tes di LPTIK Universitas Bengkulu. Sisanya, 5 orang peserta melaksanakan tes di Kanreg VII BKN Palembang, 2 orang di Kanreg I BKN Jogja, 2 Orang, 1 orang di Kanreg VI BKN Medan dan 2 orang di UPT BKN Padang.

Bagi peserta yang dinyatakan positif Covid -19 tetap bisa mengikuti tes SKB namun terlebih dahulu berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan. Berdasarkan data dari BKN, peserta yang dinyatakan positif Covid -19 tetap bisa mengikuti tes SKB. Mekanismenya, bagi pasien yang dinyatakan positif bisa mengikuti tes SKB setelah jadwal yang ditetapkan BKN.

Kabid PPIK Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Rufran, S.Sos mengatakan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari gugus tugas dan juga Dinas Kesehatan. Namun pelaksanaan tes, tetap mengacu pada protokol kesehatan, di mana sebelum melaksanakan tes peserta akan diperiksa suhu tubuh dan jika memiliki gejala Covid -19 disarankan melakukan isolasi mandiri.

“Setelah proses pendaftaran ulang ini kita rapatkan bersama Kabupaten/Kota. Bagaimana mekanismenya, termasuk dengan Dinas Kesehatan,” kata Rufran.

Menurutnya, panitia pelaksanaan tes SKB menjadi wewenang UPT BKN. Termasuk pengaturan tes SKB bagi peserta yang dinyatakan positif Covid -19. Namun sampai saat ini, belum ada peserta yang melaporkan telah terpapar Covid -19. “Sampai saat ini belum ada yang melapor, kita juga masih berfokus pada pendaftaran ulang online,” kata Rufran.

Sementara itu, pemerintah akan melakukan penjadwalan tes SKB mulai 10 – 14 Agustus. Nantinya pengumuman jadwal SKB akan dilaksanakan pada 18 Agustus. Seluruh pelaksanaan tes, kata dia, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid -19. Seperti menggunakan masker, face shield dan menjaga jarak. Di lokasi tes, panitia akan menyediakan tempat pencuci tangan.

Pelaksanaan SKB 1 September-12 Oktober. Lalu pengolahan hasil SKD dan SKB 8-18 Oktober, rekon integrasi hasil SKD dan SKB 19-23 Oktober. “Penyampaian hasil seleksi pada 26-28 Oktober, pengumuman hasil seleksi 30 Oktober, dan usul penetapan NIP 1-30 November,” demikian Rufran. (cia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here