Bersiap! Mutasi Bakal Kembali Digelar

0
20

KOTA MANNA – Bupati BS, Gusnan Mulyadi, telah menyetujui pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) lingkungan Pemkab BS. Hal itu untuk segera melaksanakan seleksi atau lelang jabatan untuk enam posisi jabatan eselon II yang kosong pasca pelaksanaan mutasi, beberapa waktu lalu.

Pemkab BS telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) PPTP yang diketuai langsung Sekkab BS, Yudi Satria MM. Sedangkan Anggota Pansel yakni Kepala BPSDM Provinsi Bengkulu, serta tiga orang dosen (akademisi) Universitas Bengkulu (Unib).

Setelah mendapat pesetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Pansel akan segera memulai tahapan seleksi. “Tim Pansel bersama BKPSDM masih merumuskan standar kompetensi manajerial OPD yang akan dilelang. jika standar kompertensi tersebut sudah didapat dari KemenPAN-RB, maka tahapan lelang akan dimulai,” beber Kepala BKPSDM BS, H. Minarman SH.

Dijelaskan Minarman, penggunaan standar kompetensi manajerial baru pertama kali diterapkan untuk seleksi PPTP di lingkungan Pemkab BS. Hal ini agar didapati pejabat yang benar-benar memahami bidang tugas dan tupoksi OPD yang mereka minati.

Enam posisi Kepala OPD yang kosong dan akan segera dilelang, yakni Kepala BPKAD, Kepala Dispora, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Dinas PUPR, Kepala DPMD dan Sekwan. “Dengan adanya standar manajerial, tentunya diketahui sejauh mana kompetensi yang dibutuhkan untuk menduduki sebuah jabatan. Sekarang ini Kabid PIMP dan Kasi Mutasi masih merumuskan standar manajerial di KemenPAN-RB,” jelas Minarman.

Sisi lain, seiring tahapan seleksi pengisian jabatan PPTP, Bupati, Gusnan Mulyadi, juga merencanakan selambatnya pada akhir tahun, juga melakukan mutasi jabatan eselon III dan IV di seluruh jajaran OPD. Selain untuk mengisi kekosongan jabatan pasca beberapa pejabat eselon III yang dipromosikan mengikuti seleksi PPTP, juga dilakukan untuk menindaklanjuti rekomendasi KASN terkait puluhan eks pejabat yang difungsionalkan dalam beberapa kali mutasi yang pernah digelar.

“Memang akhir tahun nanti akan dilakukan mutasi besar-besaran untuk semua eselon. Selain evaluasi, juga pengisian jabatan kosong karena ada yang promosi dan tindak lanjut rekomendasi KASN,” demikian Gusnan. (one)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here