Begal Pria Paruh Baya, Tiga Pemuda Ditangkap

0
401
AMANKAN : Tiga tersangka kasus pembegalan ditangkap Sat Reskrim Polres BS

KOTA MANNA – Be (23), warga Jalan Puyang Sakti Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna dan dua temannya berinisial An (16) dan He (18), warga Sendawar Kabupaten Seluma meringkuk di sel tahanan Mapolres Bengkulu Selatan.

Ketiga pemuda itu diringkus Tim Totaici Sat Reskrim karena dilaporkan melakukan pembegalan atau pencurian disertai kekerasan terhadap Danuri (60), warga Dusun Sekunyit Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna.

Kapolres BS, AKBP Deddy Nata, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Rahmat Hadi Fitrianto, SH SIK didampingi Kanit Pidum, Ipda M. Bintang Azhar, STr.K mengatakan, ketiga tersangka ditangkap pada Kamis (15/10) sekitar pukul 17.02 WIB saat sedang berada di kawasan Pasar Kutau Kota Manna. “Ketiga tersangka ditangkap pada waktu dan tempat yang sama,” kata Kanit Pidum.

Aksi pembegalan dilakukan ketiga tersangka terjadi pada Selasa (13/10) malam sekitar pukul 22.01 WIB. Ketika itu korban bersama cucunya yang bernama Wawan (36) pulang dari membesuk salah seorang kerabat mereka yang dirawat RSHD Manna. Saat melintas di jalan raya Padang Panjang, tepatnya di Stadion Padang Panjang. Korban melihat ada tiga pemuda yang sedang berhenti di pinggir jalan dengan pura-pura kecelakaan.

Saksi dan korban kemudian menghentikan laju sepeda motor mereka dan berniat memberi pertolongan. Namun saat sepeda motor berhenti, ketiga tersangka justru langsung memukul korban menggunakan kayu berbentuk balok yang mengenai paha sebelah kiri. Ketiga pelaku kemudian kabur. Saksi sempat melakukan pengejaran, tapi tidak berhasil menangkap ketiga tersangka.

Karena mereka melakukan perlawanan, tidak ada barang yang dicuri pelaku. Merasa dirugikan atas kejadian tersebut, ia pun melaporkan kejadian tersebut ke polisi. “Setelah menerima laporan dari korban, kami langsung melakukan penyelidikan. Pelakunya mengarah kepada tiga tersangka, atas dasar itulah tersangka kami tangkap, saat ditanya, ketiga tersangka mengakui perbuatan tersebut,” ujar Kanit Pidum.

Ingin Ambil HP

Sementara itu, ketiga tersangka mengakui perbuatan tersebut. Dari keterangan ketiganya, tujuan mereka menghadang korban adalah ingin merampas HP milik korban. Sebab HP milik tersangka An hilang, bingung mencari gantinya, mereka pun berniat mencuri.

“Kami ingin ambil HP (korban) pak, soalnya malam itu HP saya hilang, rencananya mau cari penggantinya. Jadi kami menghadang orang ditempat sepi,” terang An yang sudah berstatus residivis ini.

Sebelum melancarkan aksi tersebut, ketiga tersangka sempat mabuk minuman keras (miras) dan karaokean di salah satu tempat karaoke di dekat Pasar Kutau. Aksi itupun dilakukan dalam kondisi pengaruh minuman beralkohol.

Atas perbuatan tersebut, ketiga tersangka dijerat pasal 351 KUHP atau pasal 170 KUHP tentang penganiayaan atau pengeroyokan. Karena aksi ketiganya membuat cidera korban. “Tidak dijerat pasal pencurian karena barang korban tidak diambil tiga tersangka, jadi dijerat pasal tindak kekerasannya saja,” tutup Kanit Pidum. (yoh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here