APK Kampanye Pasang Sendiri, Rusak Tanggung Sendiri

0
48
KPU BS saat menyiapkan alat peraga kampanye paslon Pilkada BS

KOTA MANNA – KPU Bengkulu Selatan (BS), Kamis (22/10) siang hingga sore hari telah menyerahkan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) yang difasilitasi KPU BS, kepada tim kampanye masing-masing paslon yang bertarung di Pilkada BS. Yang perlu diketahui, KPU BS hanya sebatas memfasilitasi.

Terkait pemasangan, perawatan, penurunan menjadi tanggungjawab paslon. Termasuk pergantian jika APK dan BK rusak. “Kami hanya menyediakan sesuai kesepakatan. Luar dari itu, menjadi tanggungjawab paslon,” tegas Komisioner KPU BS, Asprian Toni.

Menurut Asprian Toni, setiap paslon pastinya mendapatkan jumlah APK dan BK yang sama. Baliho lima lembar per paslon, umbul-umbul 132 per paslon, dan spanduk 158 per paslon.

“Baliho untuk tingkat kabupaten. Umbul-umbul 12 lembar per paslon per kecamatan. Spanduk 1 lembar per desa/kelurahan per paslon. Lokasi pemasangan APK ini sudah diatur dan harus dipatuhi dan juga mempertimbangkan unsur etika, estetika, kebersihan dan keindahan,” jelas Asprian Toni.

Khusus BK, memang mengalami perubahan. Awalnya diakui Asprian Toni, dari rapat bersama tim penghubung paslon, BK yang disepakati berupa selebaran dengan jumlah 60 ribu lembar per paslon. Jumlah ini sesuai jumlah kepala keluarga (KK) yang ada di BS.

Beberapa hari kemudian, penyediaan BK disepakati bukan hanya selebaran melainkan seluruh jenis BK. Mulai dari selebaran, brosur, pamflet, dan poster dengan jumlah 12.300 lembar per paslon per setiap BK. “12.300 itu mengacu jumlah KK. Setelah dicek, KK di BS sebanyak 48 ribu lebih, bukan 60 ribu. Jadi, 12.300 dikali empat, sudah 49 ribu lebih. Lebih sedikit dari jumlah KK,” ujar Asprian Toni. (and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here