Anak Cabup Konfirmasi Covid: Dinkes Tracking Keluarga

0
107
Ilustrasi Virus Corona

BENGKULU/SELUMA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, mengatakan dari 5 kasus positif Covid -19 di Kaur, 1 orang di antaranya merupakan anak salah seorang Cabup Kaur. Tracking kasus telah dilakukan dengan orang terdekat dan keluarga Cabup.

“Sudah dilakukan kontak tracking dengan keluarganya, termasuk lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Herwan, Senin (12/10). Pasien adalah laki-laki berusia 30 tahun, dan memiliki gejala batuk, lesu, sakit tenggorokan, pilek dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Yang bersangkutan ditetapkan positif pada 9 Oktober lalu.

Herwan menyebut sampai saat ini belum diketahui asal mula pasien terpapar. Namun bisa saja dari keluarga terdekat atau lingkungan tempat tinggalnya. “Bisa saja lingkungan terdekat yang sehari-hari berkontak dengan pasien,” ujar Herwan.

Hingga Senin (12/9), total pasien positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu sebanyak 804 kasus. Ada tambahan 1 kasus positif dari Kepahiang. Selain itu pasien sembuh juga terus bertambah. Total ada tambahan 30 pasien sembuh, satu pasien berasal dari Seluma, yakni kasus 367. “Persentase kesembuhan pasien di Provinsi Bengkulu terus membaik. Saat ini ada 623 pasien yang dinyatakan sembuh,” demikian Herwan Antoni.

Aktivitas Kantor Normal

Disisi lain, setelah hampir seluruh pasien positif Covid-19 di klaster kantor Bupati Seluma dinyatakan sembuh, aktivitas perkantoran di Sekretariat Pemkab Seluma mulai kembali normal. Sejumlah pejabat eselon II juga mulai masuk kerja. Bahkan Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, juga mulai masuk kerja seperti biasanya.

Penjabat Sekda Seluma, Supratman, MM, mengatakan hasil swab yang diterima, mereka semuanya sudah sembuh. Tinggal satu orang lagi yang belum sembuh. “Hari ini (kemarin), semua aktivitas perkantoran sudah berjalan normal. Sudah mulai aktif karena ASN yang terkena covid sudah sembuh. Tinggal satu lagi yang masih melalukan isolasi dan dilakukan perawatan. Semoga juga segera sembuh sehingga klaster kantor Bupati Seluma benar-benar selesai,” tegasnya.

Penjabat Sekda Seluma mengatakan satu orang pejabat yang masih positif akan dilakukan swab lanjutan untuk memastikan kondisi kesehatannya. Hingga kemarin, salah satu ruang kerja Bagian di Sekretariat Pemkab Seluma masih tutup. “Untuk satu ASN yang masih positif, kami juga sudah meminta Dinas Kesehatan dan RSUD Tais untuk melakukan swab lanjutan. Setelah hasilnya negatif, barulah dibolehkan untuk pulang ke rumahnya,” tegas Supratman.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Seluma, Ahmad Tavip, S.IP, mengatakan belum ada tambahan kasus baru covid-19. Namun Dinkes Seluma tetap melakukan tracking terhadap anggota keluarga serta warga yang sudah pernah kontak erat dengan pasien positif.

Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada penularan baru dari klaster kantor Bupati Seluma. “Klaster kantor Bupati Seluma berangsur membaik. Tinggal satu orang lagi yang masih positif,” pungkasnya. (cia/rwf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here