Ada Kesalahan Ijazah, Ini Cara Memperbaikinya

0
12
source: kompasiana

KOTA MANNA – Setiap usai pelaksanaan Ujian Akhir, Dinas Dikbud BS selalu mengingatkan agar pihak sekolah untuk berhati-hati dan teliti dalam pengisian data pada ijazah siswanya. Namun masih ada saja, siswa yang melaporkan ada kesalahan pengisian data pada ijazahnya.

Baik kelalain dari pihak sekolah, atau data yang diberikan orang tua siswa salah dan tidak dilaporkan segera ke pihak sekolah. Padahal, ijazah adalah dokumen penting bagi pemegangnya,sehingga keberadaannya perlu diperlakukan secara khusus seperti penulisannya harus tepat dan benar.

Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Disdikbud BS, Sarjono, S.Pd mengatakan, bagi siswa yang ijazahnya terdapat kesalahan bisa diperbaiki. Namun ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Seperti harus melampirkan bukti poin kesalahan yang tertera dengan data pembanding yang kuat. “Ajukan terlebih dahulu surat keterangan dari sekolah asal. Baik dari SD maupun SMP, tergantung dimana letak kesalahannya,” ujarnya

Setelah itu, warga atau siswa yang bersangkutan harus memenuhi syarat administratif berupa lampiran Kartu Keluarga (KK), KTP, pas photo terbaru dan blanko ijazah yang terdapat kesalahan tersebut. “Setelah semua syaratnya lengkap, silahkan bawa ke Dinas Dikbud untuk diterbitkan surat keterangan. Catatatn juga, bahwa pemohon juga harus menandatangani surat pernyataan di atas meterai,” sambungnya.

Selanjutnya Dinas Dikbud akan mengeluarkan surat keterangan pendamping ijazah tersebut. Kemudian, surat tersebut dapat digunakan untuk kepentingan layaknya pendamping ijazah. “Tapi untuk blanko ijazahnya tidak bisa lagi kami ubah, karena hanya satu kali saja dalam penerbitan blankonya. Nah, surat keterangan yang dibuat tadi hanya untuk pendamping ijazah. Sebagai pernyataan bahwa ada kesalahan penulisan di ijazah tersebut,” paparnya.

Untuk itu, kedepan ia berharap kepada warga, khususnya orang tua siswa. Sebelum mendaftarkan anaknya ke sekolah, agar periksa terlebih dahulu data kependudukan dengan teliti. Jangan sampai nanti ada kesalahan dan baru dilaporkan setelah anak tersebut lulus sekolah. “Data ijazah itu sifatnya linier, dari mulai SD, kemudian SMP, SMA dan seterusnya. Maka dari itu, teliti dan hati-hati dalam menginput data,” pungkasnya. (cw2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here