83 RTLH Dibangun Pakai DD

0
10

TAIS – Dinas Perumaham dan Pemukiman Kabupaten Seluma memberikan apresiasi kepada desa yang telah mendukung pelaksanaan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2020 ini. Tercatat ada 20 desa yang telah melaksanakan, dengan total 83 unit RTLH yang telah direhab melalui anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

Kadis Perkim dan Hub Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, SP, M.AP mengatakan, dengan adanya desa ikut melaksanakan rehab RTLH, berarti ikut mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan khususnya di Kabupaten Seluma.

“Di tahun 2020 ini total ada 20 desa yang telah mengalokasikan anggaran dana desa untuk rehab RTLH ini. Kami Disperkim sangat mengapresiasi ini, semoga ini dapat diikuti oleh desa lainnya di tahun 2021 mendatang,” ujar Erlan.

Erlan mengatakan sesuai Permendes Nomor 11 tahun 2019 tentang penyusunan APBDes, bahwa salah satu yang menjadi prioritas adalah pengentasan RTLH. Sehingga sesuai Permendes tersebut desa dapat menganggarkan dana desa untuk rehab RTLH yang ada. “Dasarnya jelas, jadi jangan takut desa menganggarkan ini. Rehab RTLH merupakan salah satu prioritas sesuai Permendes tersebut,” tegasnya.

Dengan adanya peran desa dalam rehab RTLH ini, lanjut Erlan, akan mempercepat pengentasan RTLH yang ada di Kabupaten Seluma. Sebab jika hanya mengandalkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBN maka membutuhkan waktu lama untuk menuntaskan rehan RTLH yang ada di Kabupaten Seluma.

“Di tahun 2020 ini total sudah 563 unit RTLH yang telah kita rehab menjadi rumah layak huni (RLH). Semuanya sudah terlaksana 100 persen,” tegasnya.

Lebih lanjut, Erlan mengharapkan di tahun 2021, semua desa yang ada di Kabupaten Seluma dapat menganggarkan dana untuk rehab RTLH ini. Erlan juga mengharapkan peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Seluma untuk ikut mensosialisasikan kepada pihak desa. Sebab saat ini tercatat masih ada 9.535 RTLH yang belum dilakukan perehaban di Kabupaten Seluma.

“Kalau tiap desa menganggarkan untuk rehab RTLH ini, jumlah tersebut tidak akan lama tuntas. Kami Dinas Perkim akan terus berusaha untuk mencari dana di pusat, baik DAK maupun APBN. Jadi kami mengharapkan dukungannya, 9.535 RTLH ini harus kita tuntaskan. Masyarakat Seluma semuanya harus menempati rumah yang layak huni,” ujarnya.

Untuk diketahui jumlah anggaran yang dialokasikan untuk rehab RTLH ini per unitnya sebesar Rp 17,5 juta. Pengerjaannya dilakukan secara swadaya dengan sistem padat karya.(rwf)