18 Januari, Pendaftaran PPK

0
211

KOTA MANNA Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2020, siap dilaksanakan KPU Bengkulu Selatan (BS). Bahkan, terhitung hari ini (15/1), KPU BS mengumumkan perihal syarat, kelengkapan syarat, dan jadwal tahapan perekrutan PPK (baca halaman 2 terbitan 15 Januari 2020 ).

Secara umum, syarat untuk menjadi PPK diantaranya adalah belum pernah menjabat dua kali atau periode dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK.

Kemudian , tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, dan tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu

“Maksud dari dua periode itu yakni periode pertama dimulai tahun 2004 hingga 2008, periode kedua dimulai 2009 hingga 2013, periode ketiga mulai 2014 hingga 2018, dan periode keempat dimulai pada tahun 2019,” sebut Komisioner KPU BS, Asprian Toni kepada Rasel.

Pendaftaran akan dibuka selama 7 hari atau dimulai 18 Januari. Adapun berkas yang harus diserahkan diantaranya, fotokopi KTP elektronik, pas foto warna ukuran 4×6 sebanyak dua lembar, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah SMA sederajat atau ijazah terakhir yang dilegalisasir oleh pejabat yang berwenang, surat keterangan kesehatan, surat keterangan domisili dari RT/RW atau kades/lurah bagi calon yang alamat domisilinya berbeda dengan alamat yang tertera dalam fotokopi KTP elektronik.

Bagi pendaftar yang berstatus sebagai PNS/ASN, pegawai honorer dimohon untuk melampirkan surat izin dari atasan langsung. “Untuk surat pernyataan, itu kami yang menyediakan. Calon peserta hanya diminta menyiapkan materai Rp6000. Jangan lupa, warna map. Karena setiap kecamatan itu berbeda,” pungkas Asprian Toni.

Setelah pendaftaran, berkas pelamar akan diteliti oleh KPU. Penelitian dimulai mulai 25-27 Januari.

Sementara seleksi tertulis digelar 30 Januari, pengumuman hasil tes tertulis 3-5 Februari, dan tanggapan masyarakat 28 Januari-5 Februari. Sedangkan tes wawancara 8-10 Februari, hasil wawancara akan dimumkan 15-21 Februari.

“Tangapan masyarakat ada dua tahap. Tahap dua, pada 15-21 Februari. Sedangkan dan pelantikan PPK terpilih 29 Februari dengan masa kerja 9 bulan atau terhitung 1 Maret-30 November,” jelas Asprian Toni. (and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here