14 Parpol Kompak 5 Dapil

0
903
RAKER : KPU Kaur menggelar rapat kerja perubahan dapil dan alokasi kursi kemarin. Tampak Bupati Kaur menyampaikan arahan

BINTUHAN – Rapat kerja penyusunan dan penataan daerah pemilihan (dapil) serta alokasi kursi Pemilu Legislatif 2019 kemarin, di Gedung Serba Guna (GSG), memutuskan 14 parpol yang resmi terdaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 sepakat untuk dilakukan perubahan menjadi lima dapil. Hanya satu parpol mengusulkan perubahan menjadi empat.
Masukan lain juga, KPU Kaur menerima pendapat dari pihak pemerintahan yang diwakili pihak kecamatan di 15 kecamatan di Kabupaten Kaur yang juga sependapat perlunya dilakukan perubahan dapil dari tiga dapil sebelumnya. “Saya atas nama pemerintahan berharap ada perbaikan dari beberapa dapil dan dilakukan pembaharuan,” kata Bupati Kaur, Gusril Pausi, S.Sos, saat membuka acara.
Menurutnya berdasarkan masukan dari masyarakat yang diterima oleh pihak kecamatan yang disampaikan ke bupati, masyarakat di 15 kecamatan mengharapkan ada keterwakilan di setiap kecamatan nantinya. “Saya juga atas nama Ketua Golkar Kabupaten Kaur, setelah menerima masukan dari simpatisan dan kader Golkar sangat mendukung penuh dilakukan perubahan dapil, agar ada keterwakilan kecamatan yang elam aini belum ada,” kata Gusril.
Terkait hal ini Ketua KPU Kaur, Sirajudin Aksa, M.TPd menegaskan, dari 15 parpol calon peserta pemilu yang sudah terdaftar di KPU pusat 14 parpol yakni Perindo, PDIP, Hanura, Nasdem, PSI, PAN, Gerindra, Golkar, PPP, Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Demokrat, PKB dan PBB sepakat mengusulkan 5 Dapil. “Hanya PKS mereka mengusulkan 4 dapil, usulan ini sudah kita tampung saat ini, dan akan kita sampaikan ke KPU pusat,” kata Ketua KPU.
Diketahui, selama ini hanya ada 3 dapil dengan 25 kursi di DPRD. Dapil 1 dengan jumlah kursi 9 meliputi Kecamatan Tanjung Kemuning, Kelam Tengah, Kaur Utara, Padang Guci Hilir, Padang Guci Hulu, Lungkang Kule dan Kinal. Dapil II dengan 10 kursi meliputi Kaur Selatan, Tetap, Kaur Tengah, Luas, Muara Sahung dan Semidang Gumay. Sedangkan Dapil III dengan 6 kursi meliputi Maje dan Nasal. (jul)