1.285 Nakes Segera Divaksin

0
34
SIAP DISIMPAN : Dinas Kesehatan siap menyimpan vaksin yang akan didistribusikan ke Kabupaten Seluma untuk vaksin tenaga kesehatan (nakes)

TAIS – Kabupaten Seluma juga mendapatkan kuota vaksin covid-19. Namun berapa banyak vaksin yang akan diterima, sampai saat ini masih dalam konfirmasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Namun data dari Dinas Kesehatan Seluma, ada 1.285 tenaga kesehatan yang layak mendapatkan vaksin.

Termasuk tenaga pendukung kesehatan, seperti driver rumah sakit, tenaga honorer, serta tenaga lainnya. Baik yang ada di rumah sakit, dinas kesehatan, serta sejumlah puskesmas yang ada.

“Kami hanya diminta untuk melakukan pendataan jumlah nakes yang ada dilingkungan Kabupaten Seluma. Karena saat ini untuk tahap awal adalah nakes bersama tenaga pendukung yang akan divaksin covid-19. Dengan jumlah nakes sebanyak 1.285 nakes,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, S.Sos melalui Kabid Pencegahan dan Pengengalian Penyakit, Ahamad Tavip, S.IP.

Sehingga, begitu vaksin tiba, barulah akan diberikan kepada sejumlah nakes yang ada di Kabupaten Seluma saat ini. Karena nakes harus aman serta jangan sampai terpapar covid-19. Karena nakes harus bertugas memberikan pelayanan kesehatan. Bukan justru harus dirawat karena terpapar covid-19.

“Jadi nakes itu harus aman terlebih dahulu. Sebelum memberikan pengobatan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terpapar covid-19,” tegasnya.

Kemudian Dinkes Seluma juga melakukan persiapan ruangan untuk menyimpan vaksin. Yakni berupa tempat penyimpanan lemari pendingin di gudang logistik. Gudang tersebut telah disiapkan lemari pendingin serta mesin pendingin ruangan. Sehingga suhu di dalam gudang tetap terjaga.

“Sudah kami siapkan ruangannya di gudang. Kemudian memang lemari pendinginnya juga sudah lama kami miliki untuk menyimpan berbagai jenis logistik. Tidak hanya itu kami juga sudah menyiapkan generator listrik. Agar tidak terganggu pendinginannya jika listrik sedang padam,” tegasnya lagi.

Kemudian sampai saat ini Dinkes belum mendapat informasi dari Dinkes Provinsi Bengkulu, terkait jadwal distribusi vaksin ke Seluma. “Kami belum mendapat informasi mengenai jadwal distribusinya. Tetapi jika sudah tiba akan kami upayakan agar vaksin tidak lama disimpan dan langsung digunakan,” pungkasnya. (rwf)